Thursday, June 23, 2011

Pengentasan Kemiskinan Lewat Segoro Amarto Difokuskan di Sebelas Kelurahan

2 comments
Pemerintah Kota ( Pemkot) Yogyakarta mulai tanggal 11 Juli 2011 nanti akan mengembangkan gerakan pengentasan kemiskinan di 11 kelurahan yang ada di 11 kecamatan. Program ini merupakan tindak lanjut dari ujicoba gerakan Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyokarto (Segoro Amarto) di tiga kelurahan 2010 yang lalu.
Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Yogyakarta, Zenni menuturkan satu kelrahan di masing-masing kecamatan akan diterapkan gerakan Segoro Amarto untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah tersebut. Pelaksanaan akan dimulai tanggal 11 Juli nanti, sedangkan sosialisasi akan dilakukan hingga tingkat Rukun Warga (RW).
Diharapkan dengan adanya program ini, angka kemiskinan di Kota Yogyakarta akan menurun drastis. Berdasarkan data tahun 2009 lalu angka kemiskinan di Yogyakarta masih berkisar di angka 17 persen dari total penduduk Yogyakarta.
Pemkot tidak menargetkan berdasarkan prosentase, gerakan Segoro Amarto ini bertujuan mengentaskan kemiskinan yang didasari oleh kesadaran masyarakat itu sendiri yang ingin keluar dari kemiskinan. Bukan karena adanya Kartu Menuju Sejahtera (KMS), tetapi karena kemandirian yang dari asas Segoro Amarto itu sendiri.
Sedangkan dasar pemilihan kelurahan bukanlah melalui ukuran tinggi rendahnya angka kemiskinan di wilayah itu, melainkan berdasarkan kesiapan masyarakatnya dalam pengentasan kemiskinan secara mandiri.
Gerakan Segoro Amarto mengedepankan empat nilai dalam pengentasan kemiskinan, yaitu kedisiplinan, kebersamaan, kepedulian sosial, dan kemandirian. Dahulu, hambatan gerakan ini karena pola pikir masyarakat yang kebanyakan belum tahu apa itu program Segoro Amarto. Sekarang setelah diadakan sosialisai, masyarakat mulai paham dan menerima.

Daftar Kelurahan Pengembangan Gerakan Pengentasan Kemiskinan Lewat Segoro Amarto :
  1. Kelurahan Prawirodirjan (Kecamatan Gondomanan)
  2. Kelurahan Notoprajan (Kecamatan Ngampilan)
  3. Kelurahan Panembahan (kecamatan Kraton)
  4. Kelurahan Brontokusuman (Kecamatan Mergangsan)
  5. Kelurahan Patangpuluhan (Kecamatan Wirobrajan)
  6. Kelurahan Gedongkiwo (Kecamatan Mantrijeron)
  7. Kelurahan Prenggan (Kecamatan Kotagede)
  8. Kelurahan Bumijo (Kecamatan Jetis)
  9. Kelurahan Purwokinanti (Kecamatan Pakualaman)
  10. Kelurahan Demangan (Kecamatan Gondokusuman)
  11. Kelurahan Pringgokusuman (Kecamatan Gedongtengen)

2 comments:

Post a Comment