Thursday, June 23, 2011

Unik, Alat Musik Tas Kresek

0 comments
Jika plastik digunakan untuk menggantikan kulit pada alat-alat musin perkusi atau tabuh,itu sudah biasa. Tapi ketika tas kresek dimainkan murni sebagai alat musik, tentunya merupakan pertunjukan yang langka dan unik. Suara kresek-kresek dari plastik tas kresek ternyata bisa menghasilkan alunan irama dan bunyi yang indah di dengar.
Setidaknya ada 6 cara agar tas kresek dapat menghasilkan bunyi, yaitu dengan degesek, diremas, ditepukkan, dibentangkan digembungkan dan disobek. Masing-masing akan menimbulkan suara yang berbeda-beda tergantung ketebalan plastik kresek tersebut. Misalnya, ada yang menghasilkan bunyi seperti suara simbal, suara air dituangkan, suara seng, maupun suara batang bambu.
Hal unik ini ditemukan oleh Agus Patub BN, seorang pelatih musik kreatif di SD Muhammadiyah Kadisoka Kalasan Sleman. Menurut beliau, hal unik ini kemungkinan merupakan yang pertama di Indonesia bahkan mungkin di dunia.
Beberapa saat yang lalu, sebanyak 14 siswa SD Muhammadiyah Kadisoka tersebut mendemonstrasikan keunikan alat musik dari tas kresek tersebut. Dengan diiringi alat musik lain, seperti galon air mineral yang juga dari plastik, keyboard dan kendang, mereka memainkan alat musik unik dari tas kresek tersebut dengan sangat merdu. Musik yang dimainkan antara lain lagu yang berjudul 'Arti Sahabat' milik Nidji dan 'Bintang' (Air Band) serta beberapa lagu lain yang dimainkan tanpa vokal. Tak hanya itu saja, setelah itu dipertontonkan permainan atraktif dengan dua buah tas kresek besar yang dibentangkan oleh 4 anak dan dimainkan secara jamming oleh Dedy salah seorang siswa.
Komunitas musik kreatif SD Muh Kadisoka yang berdiri pada tahun 2008 menjadi bagian dari pelajaran musik, kepekaan bunyi dan musik nusantara. Selain musik unik gamelan mini, angklung, pianika, recorder dan perkusi, juga mulai digarap berbagai kemungkinan bahan baku musik yang tidak lazim tetapi kreatif dan inovatif. Misalnya saja gamelan tubuh (bagian tubuh manusia sebagai alat musik dengan cara ditepuk), botol air O2, kayu, kertas, gelas dan besi-besi kecil.

Penasaran pengen denger gimana suara musik dari plastik tas kresek...??? Silahkan sobat blogger dateng aja ke SD Muhammadiyah Kadisoka, kalasan, Sleman, DIY.

Sumber : Kedaulatan Rakyat edisi Jumat Legi, 17 Juni 2011 hal 11

0 comments:

Post a Comment